Digelar Sebulan Sekali, Pasar Nol Kilometer Tetap Perkuat Tradisi Berbagi
Kabar Warga

Digelar Sebulan Sekali, Pasar Nol Kilometer Tetap Perkuat Tradisi Berbagi

Pasar Nol Kilometer (PNK) 9 kembali digelar. Berbeda dengan gelaran sebelumnya, PNK kali ini menawarkan hadiah langsung untuk belanja minimum Rp 100 ribu.

“Ini sebagai bentuk apresiasi pada warga yang setia berbelanja di Pasar Nol Kilometer. Jadi hari ini, untuk belanja Rp 100 ribu tidak berlaku kelipatannya, pembeli dapat hadiah snacak dari Dua Kelinci dan satu gantungan kunci Penjaringan5.ID,” jelas Sony Adinawan, Koordinator PNK Wisma Penjaringan Sari, Surabaya.

Dalam gelaran ke-9, Minggu (2/8/2020) sore ini, lanjut Wawan, panggilan akrabnya, PNK dapat dukungan dari PT Dua Kelinci, produsen jajanan Indonesia.

“Ada warga, Pak Hendra, sangat mendukung pelaksanaan PNK. Dia berupaya agar kami dapat produk Dua Kelinci secara cuma-cuma, yang kemudian kami bagikan ke kawan-kawan pembeli,” jelasnya.

Selebihnya, seperti delapan gelaran terdahulu, PNK dibuka pukul 15.30 WIB. Begitu dibuka, belasan pembeli langsung datang dan antre di tempat yag disediakan.

Dijelaskan Moh. Taufan, awak PNK, bazar ini selalu mengedepankan standar protokol anti Covid-19 yang ketat. Mulai dari sistem antre yang mendukung physical distancing, penyedian hand sanitizer, hingga kewajiban mengenakan masker.

“Baik pembeli maupun tim PNK, semua wajib pakai masker. Kami tidak ingin, niat baik bazar yakni memperkuat ketahanan pangan dan roda ekonomi warga, tercoreng gara-gara pelanggaran protokol,” jelas Taufan.

Gelaran PNK kali ini juga diwarnai sejumlah produk UKM, baik produk warga dalam atau luar Wisma Penjaringan Sari Surabaya. Dari pantauan Penjaringan5.ID, selain menjual produk sembako seperti beras, minyak goreng, gula, dan telor, juga ada Kopi Pasar Nol Kilometer, Jamu Siti Ginoek, makanan beku, produk pecah belah, dan masih banyak lagi.

“PNK berkomitmen untuk berperan dalam memperkuat roda ekonomi warga. Lewat PNK, kami membuka peluang kolaborasi dengan siapa saja,” tambah Taufan lagi.

Sebelumnya, lanjut Taufan, tim Pasar Nol Kilometer juga melakukan pembagian donasi pada 11 warga di Wisma Penjaringan Sari, Surabaya. Penerima donasi adalah warga di seluruh RT di WPS. Penentuan nama-nama ini berdasar rekomendasi ketua masing-masing RT.

Donasi bulan Juni 2020 dilakukan 19 Juni 2020, sementara bulan berikutnya pada 12 Juli 2020. Untuk gelaran Juni, Pasar Nol Kilometer menuai laba Rp 1.411.100, dan gelaran Juli Rp 1.092.900. Sehingga total donasi yang sudah dibagikan adalah Rp 2.092.900.

“Kita berharap, kehadiran Pasar Nol Kilometer Wisma Penjaringan Sari terus bertahan. Sehingga tradisi berbagi pada sesama ini tetap terjaga hingga nanti,” pungkas Taufan.



Post Comment