Diluncurkan, Radarcovid19 Jatim Langsung Diakses Ribuan Orang
Berita

Diluncurkan, Radarcovid19 Jatim Langsung Diakses Ribuan Orang

Kini masyarakat Jawa Timur bisa mengecek kondisi sebaran virus Corona atau Covid-19 di sekitarnya secara real time melalui radarcovid19.jatimprov.go.id. Sejak diluncurkan dua hari lalu, pada Selasa (13/4/2020) radarcovid19.jatimprov.go.id sudah diakses ribuan pengunjung.

“Total sudah 519.686 pengakses dari data per Kamis 15 April 2020 kemarin,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur, Benny Sampirwanto, Kamis (16/4/2020).

Dikatakan Benny, layanan yang dapat diakses di radarcovid19.jatimprov.go.id, yaitu menyajikan data pasien positif Covid19 secara real time hingga tingkat kecamatan di 38 Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

Melalui transparansi ini, lanjutnya, diharapkan masyarakat semakin tahu posisinya di lingkungan sekitarnya. Dicontohkan, apabila lokasi seseorang dekat dengan pasien terkonfirmasi positif maka kehati-hatian ekstra diperlukan. “Itu salah satu tujuan dibuatnya laman ini,” katanya.

Pada laman ini masyarakat tidak hanya mendapat gambaran sebaran pasien positif Covid-19 hingga tingkat kecamatan, namun juga akses rumah sakit rujukan terdekat jika membutuhkan penanganan kesehatan segera. “Masyarakat juga bisa menghubungi nomor khusus di tiap rumah sakit yang diberikan untuk pelayanan Covid-19 tersebut,” katanya.

Dijelaskan Benny, untuk titik merah di tampilan laman radarcovid19, bukanlah titik persis lokasi pasien positif Covid-19 namun diacak oleh sistem dalam radius 1 km dari alamat domisili pasien di area kecamatan tersebut. Diharapkan dengan info titik merah tersebut, warga di zona merah makin memperketat dalam menerapkan physical distancing.

Melalui laman ini, imbuh Benny, tidak ada stigmatisasi dengan alasan ketakutan namun melainkan mendorong semangat kebersamaan dan gotong royong ketika daerah atau wilayahnya masuk dalam area terdampak Covid-19. “Mari kita bangun optimisme untuk bisa melewati pandemi ini,” tuturnya.

sumber : kominfo jatim



Post Comment