Gelaran ke-12, Pasar Nol Kilometer Bagikan 15 Paket Sembako
Kabar Warga

Gelaran ke-12, Pasar Nol Kilometer Bagikan 15 Paket Sembako

Belasan petugas keamanan Wisma Penjaringan Sari, Surabaya, langsung tersenyum. Di tengah gelaran Pasar Nol Kilometer (PNK) ke-12, Minggu (15/11/2020), mereka masing-masing mendapat paket sembako hasil donasi PNK sebelumnya.

“Hari ini kami menyerahkan 15 paket sembako. Masing-masing untuk 12 petugas keamanan dan tiga petugas kebersihan di WPS,” jelas Sony Adinawan, Koordinator PNK.

Wawan, panggilan akrab pengurus RT 5 yang juga aktif sebagai pengusaha ini kemudian menjelaskan, penyerahan paket sembako ini selaras dengan komitmen PNK. Yakni menyediakan produk kebutuhan sehari-hari dengan harga murah sekaligus memperkuat rasa perduli.

“Paket sembako yang kami serahkan ini hasil donasi para pelanggan pada gelaran PNK terdahulu,” kata Wawan.

Sejak diadakan pada Mei 2020 lalu, PNK terus mengedepankan aspek solidaritas warga. Seperti diketahui, pandemi Covid-19 menyisakan banyak persoalan ekonomi. Sehingga di tiap gelaran, penyelenggara selalu mengajak pembeli menyisakan rejekinya untuk berdonasi.

“Upaya memperkuat ketahan pangan ini juga dibarengi pemberdayaan ekonomi warga. Jika dulu PNK hanya berisi produk sembako yang ketersediannya terbatas, kini ada sokongan produk lain dari warga sekitar,” jelas Wawan lagi.

Produk yang dimaksud antara lain sabun, deterjen, makanan, minuman, hasil perkebunan, serta masih banyak lagi.

Dalam kegiatan yang lain, di antaranya bazar PNK yang menyertai kegiatan Senam Yuk!, warga pegiat UMKM malah dilibatkan secara langsung. Mereka diajak berjualan dengan fasilitas swadaya.

“PNK sebagai bagian dari gagasan Kampung Kreatif WPS berupaya membentuk ekosistem yang produktif. Kami tidak ingin pandemi Covid-19 menghadang upaya untuk hidup lebih baik,” pungkas Wawan.



Post Comment