Mengapa Empon-Empon Laris Manis di Pasar Surabaya?
Info Penting

Mengapa Empon-Empon Laris Manis di Pasar Surabaya?

Meski banyak yang menilai jika ini belum teruji secara medis, sebagian warga Surabaya mulai memburu rimpang (empon-empon, Bahasa Jawa) untuk konsumsi masakan dan jamu. Di banyak sebaran link dan artikel via sosial media, rimpang yang terdiri dari jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya, dipercaya mampu melawan corona.

Dikutip dari laman jatimprov.go.id, Kepala Pasar Wonokromo Surabaya, Ketut mengatakan, suasana Pasar Rakyat Wonokromo di Surabaya Selatan terlihat lebih ramai sejak diumumkanya covid 19 atau virus corona mulai masuk Indonesia.

“Empon-empon secara turun temurun diyakini bisa meningkatkan sistem stamina daya tahan tubuh, ” ujar Ketut.

Artinya, meski keberadaan rimpang belum tentu mampu melawan corona, setidaknya dia memiliki banyak fungsi yang bermanfaat untuk tubuh.

Ditulis lipi.go.id, temulawak atau curcuma terbukti memiliki manfaat untuk menambah pengeluaran empedu, obat sakit kulit, penurun panas dan kejang.

Sementara jahe, secara farmakologi memiliki fungsi antara lain sebagai karminatif (peluruh kentut), antimuntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, anti-inflamasi, antimikroba, antirematik, dan merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu.

Lalu kunyit atau kunir, dikenal sebagai jenis rempah yang biasa digunakan dalam banyak masakan di Asia. Selain karena cita rasa, juga khasiatnya. Mulai dari meredakan peradangan, melindungi dari penyakit jantung, pencegah kanker, membantu meningkatkan fungsi otak, mencegah dan mengobati alzheimer, meningkatkan fungsi hati, pengencer darah alami, mencegah diabetes, mengatur kolesterol, penyakit parkinson, mengurangi kecemasan dan depresi, meringankan sakit kepala dan migrain, sebagai suplemen anti-penuaan, mencegah degenerasi mata, mengobati rheumatoid arthritis (gangguan peradangan kronis yang biasanya menyerang sendi tetapi dapat menyebar ke mata, paru-paru, kulit, jantung, dan pembuluh darah), terakhir meningkatkan kekebalan terhadap alergi dan asma.

Jadi, kapan belanja empon-empon?



2 Comments

  1. Kombinasi berbagai empon empon dalam minuman bisa kita temukan dalam WEDANG UWUH…. pak admin kpn kita ” Medang Uwuh Together ”

    Reply

Post Comment