Menggali Nilai dan Menegakkan Norma Sosial
Opini

Menggali Nilai dan Menegakkan Norma Sosial

Sebagai manusia atau makhluk hidup kita tidak lepas dari lingkunga,baik itu lingkungan sosial maupun alam. Nah, disini saya akan membahas tentang hubungan sosial di lingkungan masyarakat.

Artinya, dalam lingkungan sosial ini, pasti lah kita mau tidak mau harus hidup dalam masyarakat luas dan dalam masyarakat itu terjadilah hubungan sosial antar individu, antar kelompok masyarakat atau antar individu dengan kelompok.

Nah dalam hubungan sosial tersebut interaksi yang baik itu seperti apa, apakah dipengaruhi oleh budaya juga atau tidak. Oleh karena itu saya akan membahas sedikit tentang hubungan sosial di lingkungan masyarakat tersebut.

Dari pengertian di atas dapat kita ketahui bahwa ada sesuatu yang mempengaruhi perkembangan kita. Di sini diharapkan perkembangan tersebut adalah dalam hal positif yaitu melakukan hal-hal yang baik yang tidak merugikan masyarakat disekitar kita.

Hal-hal tersebut juga harus dilandasi dengan nilai-nilai dan norma yang baik juga. Karena hal itulah penuntun kita dalam berhubungan dengan masyarakat sekitar. Pengertian sosial adalah ukuran-ukuran, patokan-patokan, anggapan, keyakinan, yang hidup dan berkembang dalam masyarakat serta dianut oleh banyak orang, dalam lingkungan masyrakat mengenai apa yang benar, pantas, luhur, dan baik untuk dilakukan.

Nilai-nilai sosial merupakan aktualisasi dari kehendak masyarakat mengenai segala sesuatu yang dianggap benar dan baik. Pada intinya, nilai sosial dalam masyarakat bersumber pada tiga hal yaitu dari Tuhan, masyarakat, dan individu.

Sementara norma sosial adalah patokan perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Fungsi adalah untuk memberi batasan berupa perintah atau larangan dan berperilaku,memaksa individu untuk menyesuaikan diri dengan nilai yang berlaku dimasyrakat dan menjaga solidaritas antar anggota masyrakat.

Dengan seimbangnya nilai dan norma maka diharapkan kita menjadi individu yang baik dalam berhubungan sosial. Beberapa contoh kehidupan kita lingkungan sosial budaya adalah gotong royong, saling menghormati, musyawarah, dan adat istiadat.

Beberapa contoh-contoh di atas merupakan kegiatan positif yang ada disekita masyrakat kita, apabila kita mencerminkan norma dan nilai sosial yang ada disekitar kita, maka kenyamanan dalam lingkungan sosial budaya pasti akan terlaksana dengan baik.

Apabila kita tidak mencerminkam nilai dan norma yang berlaku dalam masyrakat maka akan timbulah beberapa konflik yang terjadi dalam masyrakat. Seperti halnya perkelahian, bahkan tawuran.

Kesimpulannya, menurut saya, dalam suatu pembentukan lingkungan sosial budaya yang nyaman, perlulah kita mengetahui nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat tersebut. Tidak hanya sekadar tahu saja tetapi benar-benar dilakukan dan dapat dipertanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya.

Catatan Pringgo Anggono
Ketua RT 5 RW 4 Wisma Penjaringan Sari
Surabaya, Jawa Timur



Post Comment