Pingin Aman, Kuncinya tetap Waspada
Info Penting

Pingin Aman, Kuncinya tetap Waspada

Kondisi keamanan di Wisma Penjaringan Sari RT 4 RW 5 memang masih sangat kondusif. Tindak kejahatan atau kriminalitas nyaris tak terdengar di beberapa tahun terakhir. Namun demikian, kata Saptono Budi, pengurus RT 5, ada baiknya jika warga tetap waspada.

“Aman adalah harapan kita. Tapi merasa aman juga tidak baik. Ini membuat kita tidak waspada,” ingat Budi, panggilan akrabnya. Untuk itu dia menyodorkan beberapa tips agar rumah tetap aman.

Pertama, katanya, warga perlu memeriksa jaringan listrik secara berkala, khususnya di musim hujan. Dia khawatir ada bagian yang diam-diam berpotensi korslet sehingga berpeluang adanya kebakaran.

“Perlu juga untuk tidak meninggalkan kompor yang sedang menyala. Matikan kompor jika tidak digunakan. Posisi api juga jangan terlalu dekat dengan botol minyak goreng,” tegasnya.

Selain mencermati kondisi dalam rumah, warga juga perlu memeriksa kualitas gembok pagar rumah. Jika sudah berkarat parah lebih baik diganti. Menutup pagar, jendela, dan pintu rumah adalah kewajiban. Apalagi jika di teras ada benda berharga seperti motor dan sepeda.



Post Comment