Serunya Gelaran Senam ‘New Normal’ di Wisma Penjaringan Sari
Kabar Warga

Serunya Gelaran Senam ‘New Normal’ di Wisma Penjaringan Sari

Matahari pagi baru bergerak menampakkan diri. Beberapa orang, sebagian adalah pengurus rukun tetangga di Wisma Penjaringan Sari, sebuah perumahan lama di Surabaya Timur, sibuk menata panggung dan check sound. Sebagian ada yang melakukan pemeriksaan air di fasilitas cuci tangan, hand sanitizer, dan thermal gun.

Pukul 05.45 WIB, panggung dan sound sudah siap. Di tiga ruas jalan yang terhubung ke panggung, tanda siku berwarna putih berjajar rapi. Satu sama lain berjarak satu meter lebih, menjadi tanda tempat berdiri peserta senam.

“Memasuki new normal, kegiatan senam pun harus kita tata sedemikian rupa. Agar niat baik tetap terjaga,” kata Sony Adinawan, salah satu panitia. Niat baik yang dimaksud, jelasnya, adalah mendudukan senam sebagai upaya menjaga kesehatan, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Pukul 06.00 WIB, tak kurang dari 100 peserta mulai berkumpul untuk mengikuti kegiatan senam pagi, Minggu (26/7/2020). Sebagai upaya agar kegiatan ini tak menimbulkan masalah terkait penyebaran Covid-19, panitia yang terdiri dari pengurus beberapa RT ini melakukan protokol kesehatan yang ketat.

Mulai dari penerapan physical distancing, pemeriksaan suhu badan dengan thermal gun, kewajiban mengenakan masker, hingga penyediaan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer.

Sumber di kepanitiaan menyebut, kegiatan senam bersama adalah satu dari rangkaian kegiatan yang nanti akan diadakan. Selain senam, nanti juga akan digelar kegiatan bersepeda bareng, jalan sehat, pemeriksaan gula dan kolesterol, donor darah, dan masih banyak lagi.

Aris Hargiyanto, salah satu panitia kegiatan ini menjelaskan, Komunitas HSB nantinya juga akan mengadakan kegiatan bersepeda, pemeriksaan gula darah, donor, dan masih banyak lagi.

“Intinya kita ingin setiap orang di WPS bisa hidup sehat. Dengan sehat bersama tentu harapannya sistem imun bisa lebih baik, sehingga terhindar dari serangan Covid-19,” kata Aris.

Setelah masing-masing sehat, lanjutnya, setiap orang bisa tetap produktif sehingga bisa mencari nafkah dan pada gilirannya roda ekonomi bergulir positif.

Selain senam, kegiatan ini juga diwarnai dengan bazar yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Seperti jajanan kering, sayur, nasi dengan lauk siap saji, dan masih banyak lagi.

“Setiap kegiatan yang tumbuh di WPS kami arahkan pada semangat pemberdayaan ekonomi warga. Begitu juga dengan kegiatan senam yang menerapkan protokol Covid hari ini. Di luar senam, kami juga membuka beberapa lapak untuk jualan,” kata Aris lagi.



Post Comment